TUJUAN DAN MANFAAT ADMINISTRASI PENDIDIKAN
Makalah
ini disusun untuk melengkapi tugas
Mata
Kuliah Administrasi Pendidikan
Semester IV/2014
yang diampu oleh
![]() |
Masyhuri, M.Pd
Disusun
oleh :
Hikmah Prihatini (1112017000034)
Nihla (1112017000035)
Hayatul
Millah (111201700003) Ulfia Endardini (11120170000)
Jurusan
Pendidikan Matematika
Fakultas Ilmu
Tarbiyah dan Keguruan
Universitas
Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
2014
KATA PENGANTAR
Puji syukur penulis panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa,
karena berkat rahmat dan hidayah-Nya penulis dapat menyelesaikan makalah yang
berjudul “Tujuan dan Manfaat Administrasi
Pendidikan” dengan baik.
Makalah ini disusun dalam rangka memenuhi tugas kelompok mata
kuliah Administrasi Pendidikan Program Studi Pendidikan Matematika Semester V.
Tak lupa penulis mengucapkan terimakasih kepada Bapak M.Pd sebagai dosen pengampu yang telah
membimbing penulis dalam menyusun makalah ini. Penulis juga mengucapkan
terimakasih kepada teman-teman mahasiswa yang
telah memberikan kontribusi baik langsung maupun tidak langsung.
Dengan selesainya tugas makalah ini, penulis berharap dapat
memberikan pengetahuan tambahan tentang “Tujuan
dan Manfaat Administrasi Pendidikan” dimasa yang akan datang dan juga
sebagai bahan referensi bagi yang membutuhkan informasi tentang “Tujuan dan Manfaat Administrasi Pendidikan”.
Dan penulis sadar bahwa makalah ini masih jauh dari kesempurnaan.
Seperti kata pepatah “Tak Ada Gading yang Tak Retak”. Oleh karena itu, penulis
mengharapkan masukan berupa saran dan kritik yang membangun demi kesempurnaan
makalah ini dimasa yang akan datang.
Ciputat, 07 September 2014
Penulis
DAFTAR ISI
KATA
PENGANTAR.......................................................................................................... i
DAFTAR
ISI......................................................................................................................... ii
BAB.
I PENDAHULUAN.................................................................................................... 1
A.
Latar Belakang......................................................................................................... 1
B.
Pembatasan
Masalah................................................................................................ 1
C.
Rumusan Masalah.................................................................................................... 2
D.
Tujuan Penulisan...................................................................................................... 2
BAB. II PEMBAHASAN..................................................................................................... 4
A. Tujuan
Administrasi Pendidikan.............................................................................. 4
B. Manfaat Administrasi Pendidikan..............................................................................
BAB. III PENUTUP........................................................................................................... 10
A.
Simpulan................................................................................................................ 10
B. Saran ..................................................................................................................... 10
DAFTAR
PUSTAKA
BAB
I
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang
Administrasi
sebagai suatu kegiatan bersama terdapat dimana mana selama ada manusia yang
hidup dan bekerja sama dalam kelompok. Jika kita melihat sebuah pabrik bekerja
menghasilkan semacam benda sebagai produknya, maka disitu kita melihat ada
administrasi. Jika kita melihat suatu lembaga yang melatih dan memberikan suatu
pelajaran yang akhirnya mereka mendapat sertifikat dari proses pendidikan itu,
maka disitu ada administrasi. Jika kita melihat sekelompok orang bersama sama
memuja sesuatu sebagai perlambang kekuatan yang dianggap maha kuasa atau
mengurus kebutuhan rohani lainnya secara teratur, maka disitu terdapat pula
administrasi. Demikianlah seterusnya jika ada kegiatan sekelompok orang secara
teratur untuk mencapai tujuan tertentu sebagai tujuan bersama, maka disitu ada
administrasi.
Mengetahui bahwa
guru merupakan komponen yang sangat penting, sehingga dapat memberikan
sumbangan secara makimal untuk mencapai tujuan sekolah. Sumbangan dapat
diberikan bila guru dan kepala sekolah memahami kewajiban dan hak haknya dalam
melaksanakan tugas disekolah. Pengambil kebijakan pada pemerintahan,
legislatif, kepala sekolah dan guru tidak dapat terlepas dari kegiatan
administrasi pendidikan, maka dari itu mereka harus mengetahui tujuan dan
manfaat akan adanya kegiatan Administrasi Pendidikan dalam dunia pendidikan agar proses pendidikan dapat
efektif dan efisien. Maka dari itu dalam makalah ini akan membahas “Tujuan dan
Manfaat Administrasi Pendidikan” yang
membahas perincian dari tujuan dan manfaat Administrasi Pendidikan
B. Pembatasan
Masalah
Dalam
makalah ini, batasan masalah yang akan di bahas penulis adalah sebagai berikut
:
1.
Tujuan
Administrasi Pendidikan
2.
Manfaat
Administrasi Pendidikan
C. Rumusan
Masalah
Berdasarkan
latar belakang masalah yang telah dirumuskan penulis adalah sebagai berikut :
1.
Apa saja
Tujuan Administrasi Pendidikan ?
2.
Apa saja
Manfaat Administrasi Pendidikan ?
D. Tujuan
Penulisan
Tujuan
yang ingin dicapai penulis dalam pembuatan makalah ini adalah sebagai berikut :
1.
Mengetahui dan
memahami apa saja tujuan dari administrasi pendidikan
2.
Mengetahui dan
memahami apa saja manfaat dari administrasi pendidikan
BAB
II
PEMBAHASAN
A. Tujuan Administrasi Pendidikan
Sergiovanni
Carver (1975), ada empat tujuan administrasi, yaitu : efektivitas produksi,
efisiensi, kemampuan menyesuaikan diri (adaptiveness), dan kepuasan kerja.
Karena sekolah merupakan subsistem pendidikan nasional, maka tujuan
administrasi pendidikan di Indonesia yang dilaksanakan disekolah juga bersumber
dari tujuan pendidikan nasional. Di samping tujuan administrasi pendidikan di
Indonesia juga menunjang tercapainya tujuan pendidikan nasional tersebut.[1]
Sesuai dengan yang digariskan dalam GBHN, tujuan
pendidikan nasional adalah Meningkatkan ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa,
kecerdasan, keterampilan, mempertinggi budi pekerti, memperkuat kepribadian,
dan mempertebal semangat kebangsaan agar dapat menumbuhkan manusia-manusia
pembangunan yang dapat membangun dirinya sendiri serta bersama-sama bertanggung
jawab atas pembangunan bangsa.Sedangkan dalam lembaga atau sekolah,
administrasi pendidikan merupakan subsistem dalam sistem pendidikan sekolah.
Tujuan administrasi berusaha untuk menunjang tercapainya tujuan pendidikan
sekolah tersebutujuan pendidikan sekolah tersebut. Tujuan institusional
pendidikan untuk semua tingkat dan jenis
sekolah telah dibakukan oleh pemerintah dalam kurikulum 1975.[2]
Sesuai
dengan keputusan-keputusan tersebut dan jenis sekolah telah Adibakukan oleh
pemerintah dalam kurikulum 1975. Sesuai dengan keputusan-keputusan tersebut,
tujuan institusionaluntuk masing-masing jenjang dan jenis sekolah dalam
kurikulum tahun 1975 dirumuskan berupa tujuan umum dan tujuan khusus. Tujuan
umum dirumuskan dalam bentuk perttanyaan-pertanyaan yang lebih mencakup hal
yang luas. Sedang pada tujuan khusus pertanyaan-pertayaan itu sudah dijabarkan
secara khusus dengan ditanyaan-pertanyaan yang lebih mencakup hal yang luas.
Sedang pada tujuan khusus pertanyaan-pertayaan itu sudah dijabarkan secara
khusus dengan ditinjau dari tiga bidang pengeembangan tingkah laku manusia melalui
pendidikan, yaitu bidang pengetahuan, bidang keterampilan,dan bidang nilai dan
sikap.
Contoh
tujuan umum
1. Tujuan
umum pendidikan Sekolah Dasar (SD) adalah agar lulusan :
a. Memiliki
sifat-sifat dasar sebagai warga negara yang baik.
b. Sehat
jasmani dan rohani.
c. Memiliki
pengetahuan, keterampilan dan sikap dasar yang diperlukan untuk melanjutkan
pelajaran, bekerja di masyarakat dan mengembangkan diri.
2. Tujuan
Umum Pendidikan Sekolah Menengah Pertama (SMP) adalah agar lulusan:
a. Menjadi
warga negara yang baik sebagai manusia yang utuh, sehat, kuat lahir dan batin.
b. Menguasai
hasil pendidikan umum yang merupakan kelanjutan dari pendidikan di SD.
c. Memiliki
bekal untuk melanjutkan pelajaran ke Sekolah Lanjuatan Atas dan untuk tujuan ke
masyarakat.
3. Tujuan
Umum Pendidikan Sekolah Menengah Atas (SMA) adalah agar lulusan :
a. Menjadi
warga negara yang baik sebagai manusia untuk sehat, kuat lahir dan batin.
b. Menguasai
hasil-hasil pendidikan umum yang merupakan kelanjutan dari pendidikan di SMP.
c. Memiliki
bekal untuk melanjutkan studinya ke lembaga perguruan tinggi.
d. Memiliki
untuk terjun ke masyarakat dengan mengambil keterampilan untuk bekerja yang
dapat dipilih oleh siswa sesuai dengan minat dan kebutuhan masyarakat.
4. Tujuan
Umum Pendidikan Sekolah Teknologi Menengah (STM) adalah agar lulusan :
a. Menjadi
warga negara yang baik, yaitu manusia pembangunan yang bermoral Pancasila yang
utuh, sehat, kuat lahir dan batin.
b. Menjadi
tenaga kerja tingkat menengah yang memilii pengetahuan, keterampilan dan sikap
sebagai guru teknik dalam bidang teknologi industri sesuai dengan jurusan yang
dipilihnya.
5. Tujuan
Umum Pendidikan Sekolah Pendidikan Guru (SPG) adalah agar lulusan :
a. Sehat
jasmani dan rohani
b. Menjadi
warga negara Indonesia yang bermoral Pancasila yang memiliki sifat yang baik
dan konstruktif sebagai warga masyarakat, serta meneriman dan percaya kepada
kaidah-kaidah dan cara-cara pengamalan agama masing-masing, baik dalam
peribadatan maupun kehidupan sehari-hari dan dalam hubungan antar agama dan
bidang-bidang kehidupan lainnya.
c. Memiliki
pengetahuan, keterampilan dan nilai serta sikap yang diperlukan untuk :
1) Melaksanakan
tugasnya secara afektif sebagai guru di lembaga pendidikan dasar, yaitu :
Sekolah Dasar atau Taman kanak-kanak.
2) Mengembangkan
dan mengamalkan ilmu dan profesinya.
3) Menggunakan
prinsip pendidikan seumur hidup di sekolah maupun di luar sekolah sebagai alat
utama bagi kemajuan pribadi masyarakat.
4) Mengembangkan
dan membina kepemimpinan yang demokratis dan bertanggung jawab dalam interaksi
sosial dengan murid dan anak-anak.
5) Menggunakan
prinsip kemanusiaan, demokrasi dan keadilan sosial dalam kehidupan, pergaulan,
keluarga dan sekolah secara bertanggung jawab.
Dengan
demikian, jelas bahwa tujuan administrasi pendidikan di sekolah adalah
mempersiapkan situasi di sekolah, agar pendidikan dan pengajaran berlangsung
baik, sehingga tercapai tujuan khusus sekolah tersebut, yaitu :
1. Supaya
anak-anak lulusan suatu sekolah memiliki pengetahuan dan pengertian dasar,
mengenai hak dan kewajiban sebagai manusia Pancasila sesuai dengan ketetapan
MPRS No. IV/1973 dan berbuat selaras dengan pengertian itu.
2. Supaya
anak-anak lulusan suatu sekolah memiliki salah atu keterampilan ataau kecakapan
khusus, yang merupakan bekal untuk hidupnya dalam masyarakat. Dan dengan
demikian dapat berdiri sendiri serta menyumbangkan kecakapannya bagi
pembangunan masyarakat ber-Pancasila.
3. Supaya
anak-anak lulusan suatu sekolah memiliki dasar-dasar ilmu pengetahuan yang
kokoh serta keterampilan untuk melanjutkan pendidikannya ke sekolah yang lebih
tinggi.
Disamping itu secara operasional administrasi
pendidikan bertujuan untuk:
1.
Memudahkan pekerjaan administrasi dalam bidang
pendidikan, memudahkan proses pelaksanaannya, memanfaatkan potensi manusia dan
material yang diharapkan akan dapat menghasilkan keputusan-keputusan
administrasi dalam bidang pendidikan yang sifatnya realistis, kolektif, dan
sehat untuk mencapai penyelesaian masalah administrasi dalam bidang pendidikan
yang dihadapi.
2.
Menciptakan iklim ruhaniah, psikologis dan sosial
dengan memperhatikan dan memupuk kejujuran, amanah, keikhlasan dalam bekerja.
3.
Meningkatkan moral dan semangat kesetiakawanan di
antara individu yang terlibat dalam kegiatan-kegiatan administrasi pada lembaga
pendidikan.
4.
Meningkatkan produktivitas kerja para pekerja, serta
memperbaiki kualitas, metode dan media dalam kaitannya untuk mencapai tujuan
pendidikan.
5.
Meningkatkan kemampuan pekerja dan mempertinggi
pengetahuan, keterampilan dan sikap secara terus menerus dalam melakukan
pekerjaan yang diemban.
6.
Mengadakan perubahan yang diinginkan dalm proses
pendidikan dengan seluruh aspeknya dan mendorong peserta didik dalam mencapai
pertumbuhan yang menyeluruh dan utuh, serta dapat melakukan penyesuaian dalam
masyarakat yang selalu mengalami perubahan.
7.
Menghubungkan antara proses pendidikan dan tujuan-tujuan
pembangunan dalam masyarakat, serta mempererat hubungan pendidikan dengan
masyarakat/ lingkungan.[3]
Tujuan administrasi pendidikan dikelompakan menjadi 3
macam tujuan:
1. Tujuan
jangka pendek dari administrasi pendidikan adalah agar tersusun dan terlaksana
suatu sistem pengolaan komponen instrumental dan proses pendidikan yang
meliputi komponen siswa, pegawai, guru sarana/prasarana, organisasi, pembiayaan,
tata usaha dan hubungan sekolah dengan masyarakat, agar terlaksananya proses
pendidikan di sekolah secara efektif yang menunjang tercapainya tujuan
pendidikan di sekolah yang bersangkutan
2. Tujuan
jangka menengah, administrasi pendidikan mengarah kepada pencapaian tujuan
institusional setiap jenis dan jenjang serta program pendidikan. Di suatu sekolah,
tujuan instutisional ini telah digariskan dalam kurikulum bagi sekolah yang
bersangkutan.
3. Tujuan
jangka panjang, administrasi pendidikan diarahkan kepada tujuan nasional
pendidikan di Indonesia, seperti yang tercantum dalam UU No. 20 Tahun 2003
tentang SISDIKNAS, bab II Pasal 3 sebagai berikut:
Pendidikan Nasional
berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa
yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk
berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan
bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu cakap,
kreatif, dan mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta
bertanggung-jawab.
B. Manfaat Administrasi Pendidikan
Adapun
manfaat administrasi pendidikan menurut Prof. Dr. H. Asnawir adalah sebagai
berikut:
1. Mengangkat
derajat kinerja pekerja dan menolong mensukseskan dan memperbaiki kinerja
tersebut. Begitu juga akan dapat meningkatkan moral atau semangat dan
produktivitas kerja dalam lembaga pendidikan yang bersangkutan, dalam mencapai
tujuan pendidikan yang dicita-citakan.
2. Menciptakan
iklim kerja yang baik untuk menerapkan prinsip-prinsip hubungan kemanusiaan
yang sehat dengan menekankan penghargaan kepada setiap orang pada lembaga
pendidikan yang bersangkutan.
3. Mendorong
menterjemahkan, merobah pikiran-pikiran dan teori-teori pendidikan menjadi
kurikulum, program, metode, media, prosedur dan berbagai aktivitas pendidikan
lainnya untuk menempuh jalan yang tepat dalam rangka mencapai tujuan
pendidikan.
4. Berusaha
menghubungkan/mempertemukan lembaga pendidikan dengan masyarakat ke arah
pengembangan, kemajuan dan kestabilan.[4]
Selanjutnya Ahmad Sabri dalam bukunya administrasi
pendidikan menyebutkan manfaat administrasi pendidikan bagi seorang tenaga
kependidikan yang mempelajari administrasi pendidikan adalah:
1. Dapat
mengetahui dan menyadari akan tugas-tugas dan kewenangan yang mesti dipikulnya
serta mengetahui bagaimana cara-cara melaksanakan tugas-tugas dan kewenangan
masing-masing.
2. Dapat
menghindarkan kesalahan-kesalahan kerja atau overlapping kerja/ tugas.
3. Mengetahui
bagaimana melaksanakan sesuatu kegiatan kependidikan dalam rangka mencapai
tujuan pendidikan supaya tercapai efektif serta secara tepat.
4. Mengetahui
batas-batas hak dan kewajiban masing-masing tenaga kependidikan.

BAB
III
PENUTUP
A. KESIMPULAN
Berdasarkan
pembahasan yang telah dijabarkan diatas, penulis dapat menyimpulkan bahwa:
1. Tujuan Administrasi Pendidikan
2. Manfaat
Administrasi Pendidikan
B. SARAN
Berdasarkan kesimpulan diatas, saran yang dapat
penulis berikan adalah sebagai berikut:
1.
Pembaca
diharapkan mengetahui dan memahami Tujuan Administrasi
Pendidikan
2.
Pembaca
diharapkan mengetahui dan memahami Manfaat Administrasi
Pendidikan
DAFTAR PUSTAKA
Daryanto,
M. Administrasi Pendidikan.
Jakarta:Rineka Cipta, 2010.
Herabudin.
Administrasi & Supervisi Pendidikan. Bandung
: Pustaka Setia, 2009.
Ramayulis.
Profesi dan Etika Keguruan. Jakarta :
Kalam Mulia, 2013.
Sagala,
Syaiful. Administrasi Pendidikan Kontemporer. Bandung : Alfabeta, 2012.
Asnawir.
Administrasi Pendidikan. Padang :
IAIN IB Press, 2005.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar