Senin, 17 Agustus 2015

TUJUAN DAN MANFAAT ADMINISTRASI PENDIDIKAN



TUJUAN DAN MANFAAT ADMINISTRASI PENDIDIKAN
Makalah ini disusun untuk melengkapi tugas
Mata Kuliah Administrasi Pendidikan
Semester IV/2014
yang diampu oleh


Description: E:\Logo_UIN_Syarif_Hidayatullah_Jakarta.jpg

Masyhuri, M.Pd

Disusun oleh :
Hikmah Prihatini  (1112017000034)
Nihla                       (1112017000035)
                                           Hayatul Millah      (111201700003)                                                              Ulfia Endardini        (11120170000)

Jurusan Pendidikan Matematika
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Universitas Islam Negeri  Syarif Hidayatullah Jakarta
2014
 KATA PENGANTAR
Puji syukur penulis panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena berkat rahmat dan hidayah-Nya penulis dapat menyelesaikan makalah yang berjudul “Tujuan dan Manfaat Administrasi Pendidikan” dengan baik.
Makalah ini disusun dalam rangka memenuhi tugas kelompok mata kuliah Administrasi Pendidikan Program Studi Pendidikan Matematika Semester V. Tak lupa penulis mengucapkan terimakasih kepada Bapak  M.Pd sebagai dosen pengampu yang telah membimbing penulis dalam menyusun makalah ini. Penulis juga mengucapkan terimakasih kepada teman-teman mahasiswa yang  telah memberikan kontribusi baik langsung maupun tidak langsung.
Dengan selesainya tugas makalah ini, penulis berharap dapat memberikan pengetahuan tambahan tentang “Tujuan dan Manfaat Administrasi Pendidikan” dimasa yang akan datang dan juga sebagai bahan referensi bagi yang membutuhkan informasi tentang “Tujuan dan Manfaat Administrasi Pendidikan”.
Dan penulis sadar bahwa makalah ini masih jauh dari kesempurnaan. Seperti kata pepatah “Tak Ada Gading yang Tak Retak”. Oleh karena itu, penulis mengharapkan masukan berupa saran dan kritik yang membangun demi kesempurnaan makalah  ini dimasa yang akan datang.

Ciputat, 07 September 2014

Penulis




DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR.......................................................................................................... i
DAFTAR ISI......................................................................................................................... ii
BAB. I PENDAHULUAN.................................................................................................... 1
A.    Latar Belakang......................................................................................................... 1
B.     Pembatasan Masalah................................................................................................ 1
C.     Rumusan Masalah.................................................................................................... 2
D.    Tujuan Penulisan...................................................................................................... 2
BAB. II PEMBAHASAN..................................................................................................... 4
A.   Tujuan Administrasi Pendidikan.............................................................................. 4
B.  Manfaat Administrasi Pendidikan..............................................................................
BAB. III PENUTUP........................................................................................................... 10
A.    Simpulan................................................................................................................ 10
B.     Saran ..................................................................................................................... 10
DAFTAR PUSTAKA

BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Administrasi sebagai suatu kegiatan bersama terdapat dimana mana selama ada manusia yang hidup dan bekerja sama dalam kelompok. Jika kita melihat sebuah pabrik bekerja menghasilkan semacam benda sebagai produknya, maka disitu kita melihat ada administrasi. Jika kita melihat suatu lembaga yang melatih dan memberikan suatu pelajaran yang akhirnya mereka mendapat sertifikat dari proses pendidikan itu, maka disitu ada administrasi. Jika kita melihat sekelompok orang bersama sama memuja sesuatu sebagai perlambang kekuatan yang dianggap maha kuasa atau mengurus kebutuhan rohani lainnya secara teratur, maka disitu terdapat pula administrasi. Demikianlah seterusnya jika ada kegiatan sekelompok orang secara teratur untuk mencapai tujuan tertentu sebagai tujuan bersama, maka disitu ada administrasi.
Mengetahui bahwa guru merupakan komponen yang sangat penting, sehingga dapat memberikan sumbangan secara makimal untuk mencapai tujuan sekolah. Sumbangan dapat diberikan bila guru dan kepala sekolah memahami kewajiban dan hak haknya dalam melaksanakan tugas disekolah. Pengambil kebijakan pada pemerintahan, legislatif, kepala sekolah dan guru tidak dapat terlepas dari kegiatan administrasi pendidikan, maka dari itu mereka harus mengetahui tujuan dan manfaat akan adanya kegiatan Administrasi Pendidikan dalam dunia  pendidikan agar proses pendidikan dapat efektif dan efisien. Maka dari itu dalam makalah ini akan membahas “Tujuan dan Manfaat Administrasi Pendidikan”  yang membahas perincian dari tujuan dan manfaat Administrasi Pendidikan







B.     Pembatasan Masalah
Dalam makalah ini, batasan masalah yang akan di bahas penulis adalah sebagai berikut :
1.      Tujuan Administrasi Pendidikan
2.      Manfaat Administrasi Pendidikan

C.    Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah yang telah dirumuskan penulis adalah sebagai berikut :
1.      Apa saja Tujuan Administrasi Pendidikan ?
2.      Apa saja Manfaat Administrasi Pendidikan ?

D.    Tujuan Penulisan
Tujuan yang ingin dicapai penulis dalam pembuatan makalah ini adalah sebagai berikut :
1.      Mengetahui dan memahami apa saja tujuan dari administrasi pendidikan
2.      Mengetahui dan memahami apa saja manfaat dari administrasi pendidikan









BAB II
PEMBAHASAN
A.    Tujuan Administrasi Pendidikan
Sergiovanni Carver (1975), ada empat tujuan administrasi, yaitu : efektivitas produksi, efisiensi, kemampuan menyesuaikan diri (adaptiveness), dan kepuasan kerja. Karena sekolah merupakan subsistem pendidikan nasional, maka tujuan administrasi pendidikan di Indonesia yang dilaksanakan disekolah juga bersumber dari tujuan pendidikan nasional. Di samping tujuan administrasi pendidikan di Indonesia juga menunjang tercapainya tujuan pendidikan nasional tersebut.[1]
Sesuai  dengan yang digariskan dalam GBHN, tujuan pendidikan nasional adalah Meningkatkan ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, kecerdasan, keterampilan, mempertinggi budi pekerti, memperkuat kepribadian, dan mempertebal semangat kebangsaan agar dapat menumbuhkan manusia-manusia pembangunan yang dapat membangun dirinya sendiri serta bersama-sama bertanggung jawab atas pembangunan bangsa.Sedangkan dalam lembaga atau sekolah, administrasi pendidikan merupakan subsistem dalam sistem pendidikan sekolah. Tujuan administrasi berusaha untuk menunjang tercapainya tujuan pendidikan sekolah tersebutujuan pendidikan sekolah tersebut. Tujuan institusional pendidikan untuk semua tingkat  dan jenis sekolah telah dibakukan oleh pemerintah dalam kurikulum 1975.[2]
Sesuai dengan keputusan-keputusan tersebut dan jenis sekolah telah Adibakukan oleh pemerintah dalam kurikulum 1975. Sesuai dengan keputusan-keputusan tersebut, tujuan institusionaluntuk masing-masing jenjang dan jenis sekolah dalam kurikulum tahun 1975 dirumuskan berupa tujuan umum dan tujuan khusus. Tujuan umum dirumuskan dalam bentuk perttanyaan-pertanyaan yang lebih mencakup hal yang luas. Sedang pada tujuan khusus pertanyaan-pertayaan itu sudah dijabarkan secara khusus dengan ditanyaan-pertanyaan yang lebih mencakup hal yang luas. Sedang pada tujuan khusus pertanyaan-pertayaan itu sudah dijabarkan secara khusus dengan ditinjau dari tiga bidang pengeembangan tingkah laku manusia melalui pendidikan, yaitu bidang pengetahuan, bidang keterampilan,dan bidang nilai dan sikap.
Contoh tujuan umum
1.      Tujuan umum pendidikan Sekolah Dasar (SD) adalah agar lulusan :
a.    Memiliki sifat-sifat dasar sebagai warga negara yang baik.
b.    Sehat jasmani dan rohani.
c.    Memiliki pengetahuan, keterampilan dan sikap dasar yang diperlukan untuk melanjutkan pelajaran, bekerja di masyarakat dan mengembangkan diri.
2.      Tujuan Umum Pendidikan Sekolah Menengah Pertama (SMP) adalah agar lulusan:
a.    Menjadi warga negara yang baik sebagai manusia yang utuh, sehat, kuat lahir dan batin.
b.    Menguasai hasil pendidikan umum yang merupakan kelanjutan dari pendidikan di SD.
c.    Memiliki bekal untuk melanjutkan pelajaran ke Sekolah Lanjuatan Atas dan untuk tujuan ke masyarakat.
3.      Tujuan Umum Pendidikan Sekolah Menengah Atas (SMA) adalah agar lulusan :
a.    Menjadi warga negara yang baik sebagai manusia untuk sehat, kuat lahir dan batin.
b.    Menguasai hasil-hasil pendidikan umum yang merupakan kelanjutan dari pendidikan di SMP.
c.    Memiliki bekal untuk melanjutkan studinya ke lembaga perguruan tinggi.
d.   Memiliki untuk terjun ke masyarakat dengan mengambil keterampilan untuk bekerja yang dapat dipilih oleh siswa sesuai dengan minat dan kebutuhan masyarakat.
4.      Tujuan Umum Pendidikan Sekolah Teknologi Menengah (STM) adalah agar lulusan :
a.    Menjadi warga negara yang baik, yaitu manusia pembangunan yang bermoral Pancasila yang utuh, sehat, kuat lahir dan batin.
b.    Menjadi tenaga kerja tingkat menengah yang memilii pengetahuan, keterampilan dan sikap sebagai guru teknik dalam bidang teknologi industri sesuai dengan jurusan yang dipilihnya.
5.      Tujuan Umum Pendidikan Sekolah Pendidikan Guru (SPG) adalah agar lulusan :
a.    Sehat jasmani dan rohani
b.    Menjadi warga negara Indonesia yang bermoral Pancasila yang memiliki sifat yang baik dan konstruktif sebagai warga masyarakat, serta meneriman dan percaya kepada kaidah-kaidah dan cara-cara pengamalan agama masing-masing, baik dalam peribadatan maupun kehidupan sehari-hari dan dalam hubungan antar agama dan bidang-bidang kehidupan lainnya.
c.    Memiliki pengetahuan, keterampilan dan nilai serta sikap yang diperlukan untuk :
1)   Melaksanakan tugasnya secara afektif sebagai guru di lembaga pendidikan dasar, yaitu : Sekolah Dasar atau Taman kanak-kanak.
2)   Mengembangkan dan mengamalkan ilmu dan profesinya.
3)   Menggunakan prinsip pendidikan seumur hidup di sekolah maupun di luar sekolah sebagai alat utama bagi kemajuan pribadi masyarakat.
4)   Mengembangkan dan membina kepemimpinan yang demokratis dan bertanggung jawab dalam interaksi sosial dengan murid dan anak-anak.
5)   Menggunakan prinsip kemanusiaan, demokrasi dan keadilan sosial dalam kehidupan, pergaulan, keluarga dan sekolah secara bertanggung jawab.
Dengan demikian, jelas bahwa tujuan administrasi pendidikan di sekolah adalah mempersiapkan situasi di sekolah, agar pendidikan dan pengajaran berlangsung baik, sehingga tercapai tujuan khusus sekolah tersebut, yaitu :
1.    Supaya anak-anak lulusan suatu sekolah memiliki pengetahuan dan pengertian dasar, mengenai hak dan kewajiban sebagai manusia Pancasila sesuai dengan ketetapan MPRS No. IV/1973 dan berbuat selaras dengan pengertian itu.
2.    Supaya anak-anak lulusan suatu sekolah memiliki salah atu keterampilan ataau kecakapan khusus, yang merupakan bekal untuk hidupnya dalam masyarakat. Dan dengan demikian dapat berdiri sendiri serta menyumbangkan kecakapannya bagi pembangunan masyarakat ber-Pancasila.
3.    Supaya anak-anak lulusan suatu sekolah memiliki dasar-dasar ilmu pengetahuan yang kokoh serta keterampilan untuk melanjutkan pendidikannya ke sekolah yang lebih tinggi.
Disamping itu secara operasional administrasi pendidikan bertujuan untuk:
1.    Memudahkan pekerjaan administrasi dalam bidang pendidikan, memudahkan proses pelaksanaannya, memanfaatkan potensi manusia dan material yang diharapkan akan dapat menghasilkan keputusan-keputusan administrasi dalam bidang pendidikan yang sifatnya realistis, kolektif, dan sehat untuk mencapai penyelesaian masalah administrasi dalam bidang pendidikan yang dihadapi.
2.    Menciptakan iklim ruhaniah, psikologis dan sosial dengan memperhatikan dan memupuk kejujuran, amanah, keikhlasan dalam bekerja.
3.    Meningkatkan moral dan semangat kesetiakawanan di antara individu yang terlibat dalam kegiatan-kegiatan administrasi pada lembaga pendidikan.
4.    Meningkatkan produktivitas kerja para pekerja, serta memperbaiki kualitas, metode dan media dalam kaitannya untuk mencapai tujuan pendidikan.
5.    Meningkatkan kemampuan pekerja dan mempertinggi pengetahuan, keterampilan dan sikap secara terus menerus dalam melakukan pekerjaan yang diemban.
6.    Mengadakan perubahan yang diinginkan dalm proses pendidikan dengan seluruh aspeknya dan mendorong peserta didik dalam mencapai pertumbuhan yang menyeluruh dan utuh, serta dapat melakukan penyesuaian dalam masyarakat yang selalu mengalami perubahan.
7.    Menghubungkan antara proses pendidikan dan tujuan-tujuan pembangunan dalam masyarakat, serta mempererat hubungan pendidikan dengan masyarakat/ lingkungan.[3]

Tujuan administrasi pendidikan dikelompakan menjadi 3 macam tujuan:
1.    Tujuan jangka pendek dari administrasi pendidikan adalah agar tersusun dan terlaksana suatu sistem pengolaan komponen instrumental dan proses pendidikan yang meliputi komponen siswa, pegawai, guru sarana/prasarana, organisasi, pembiayaan, tata usaha dan hubungan sekolah dengan masyarakat, agar terlaksananya proses pendidikan di sekolah secara efektif yang menunjang tercapainya tujuan pendidikan di sekolah yang bersangkutan
2.    Tujuan jangka menengah, administrasi pendidikan mengarah kepada pencapaian tujuan institusional setiap jenis dan jenjang serta program pendidikan. Di suatu sekolah, tujuan instutisional ini telah digariskan dalam kurikulum bagi sekolah yang bersangkutan.
3.    Tujuan jangka panjang, administrasi pendidikan diarahkan kepada tujuan nasional pendidikan di Indonesia, seperti yang tercantum dalam UU No. 20 Tahun 2003 tentang SISDIKNAS, bab II Pasal 3 sebagai berikut:
Pendidikan Nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu cakap, kreatif, dan mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung-jawab.
B.     Manfaat Administrasi Pendidikan
Adapun manfaat administrasi pendidikan menurut Prof. Dr. H. Asnawir adalah sebagai berikut:
1.      Mengangkat derajat kinerja pekerja dan menolong mensukseskan dan memperbaiki kinerja tersebut. Begitu juga akan dapat meningkatkan moral atau semangat dan produktivitas kerja dalam lembaga pendidikan yang bersangkutan, dalam mencapai tujuan pendidikan yang dicita-citakan.
2.      Menciptakan iklim kerja yang baik untuk menerapkan prinsip-prinsip hubungan kemanusiaan yang sehat dengan menekankan penghargaan kepada setiap orang pada lembaga pendidikan  yang bersangkutan.
3.      Mendorong menterjemahkan, merobah pikiran-pikiran dan teori-teori pendidikan menjadi kurikulum, program, metode, media, prosedur dan berbagai aktivitas pendidikan lainnya untuk menempuh jalan yang tepat dalam rangka mencapai tujuan pendidikan.
4.      Berusaha menghubungkan/mempertemukan lembaga pendidikan dengan masyarakat ke arah pengembangan, kemajuan dan kestabilan.[4]
Selanjutnya Ahmad Sabri dalam bukunya administrasi pendidikan menyebutkan manfaat administrasi pendidikan bagi seorang tenaga kependidikan yang mempelajari administrasi pendidikan adalah:
1.      Dapat mengetahui dan menyadari akan tugas-tugas dan kewenangan yang mesti dipikulnya serta mengetahui bagaimana cara-cara melaksanakan tugas-tugas dan kewenangan masing-masing.
2.      Dapat menghindarkan kesalahan-kesalahan kerja atau overlapping kerja/ tugas.
3.      Mengetahui bagaimana melaksanakan sesuatu kegiatan kependidikan dalam rangka mencapai tujuan pendidikan supaya tercapai efektif serta secara tepat.
4.      Mengetahui batas-batas hak dan kewajiban masing-masing tenaga kependidikan.


 














BAB III
PENUTUP
A.    KESIMPULAN
Berdasarkan pembahasan yang telah dijabarkan diatas, penulis dapat menyimpulkan bahwa:
1.       Tujuan Administrasi Pendidikan
2.      Manfaat Administrasi Pendidikan

B.     SARAN
Berdasarkan kesimpulan diatas, saran yang dapat penulis berikan adalah sebagai berikut:
1.      Pembaca diharapkan mengetahui dan memahami Tujuan Administrasi Pendidikan
2.      Pembaca diharapkan mengetahui dan memahami Manfaat Administrasi Pendidikan















DAFTAR PUSTAKA

Daryanto, M. Administrasi Pendidikan. Jakarta:Rineka Cipta, 2010.
Herabudin. Administrasi & Supervisi Pendidikan. Bandung : Pustaka Setia, 2009.
Ramayulis. Profesi dan Etika Keguruan. Jakarta : Kalam Mulia, 2013.
Sagala, Syaiful. Administrasi Pendidikan Kontemporer. Bandung : Alfabeta, 2012.
Asnawir. Administrasi Pendidikan. Padang : IAIN IB Press, 2005.



[1] M.Daryanto, Administrasi Pendidikan, (Jakarta: Rineka Cipta, 2010), hal. 17
[2] Ibid., hal. 18
[3] Ibid., hal. 11-12
[4] Ramayulis, Profesi dan Etika Keguruan, (Jakarta: Kalam Mulia, 2013), 403-405.


Mau request makalah lainnya? kirim di komentar yah :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar