Senin, 17 Agustus 2015

MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IX Standar Kompetensi Lulusan (SKL)





MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IX

Standar Kompetensi Lulusan (SKL) :
1.      Sikap
Kualifikasi Kemampuan : Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap  orang beriman, berakhlak mulia, berilmu, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
2.      Pengetahuan
Kualifikasi Kemampuan : Memiliki pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian yang tampak mata.
3.      Keterampilan
Kualifikasi Kemampuan : Memiliki kemampuan pikir dan tindak yang efektif dan kreatif dalam ranah abstrak dan konkret  sesuai dengan yang  dipelajari disekolah dan sumber lain sejenis.

Kompetensi Inti
Kompetensi Dasar
Aspek
Indikator
Afektif
Kognitif
Psikomotorik
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
2.1 Menunjukkan sikap logis, kritis, analitik dan kreatif, konsisten dan teliti, bertanggung jawab, responsif, dan tidak mudah menyerah dalam memecahkan masalah sehari-hari, yang merupakan pencerminan sikap positif dalam bermatematika


2.1.1 Siswa dapat menunjukkan
2.2 Memiliki rasa ingin tahu, percaya diri dan ketertarikan pada matematika serta memiliki rasa percaya pada daya dan kegunaan matematika, yang terbentuk melalui pengalaman belajar



2.3 Memiliki sikap terbuka, santun, objektif, menghargai pendapat dan karya teman dalam interaksi kelompok  maupun aktivitas sehari-hari.



3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
3.1 Memahami sifat-sifat bilangan berpangkat dan bentuk akar dalam suatu permasalahan


3.1.1    Siswa dapat menentukan sifat-sifat bilangan berpangkat
3.1.2   Siswa dapat menyelesaikan bentuk akar dalam suatu permasalahan
3.2 Memahami operasi aljabar yang melibatkan bilangan berpangkat bulat dan bentuk akar


3.2.1    Siswa dapat menyelesaikan operasi aljabar yang melibatkan bilangan berpangkat bulat
3.2.2   Siswa dapat menyelesaikan operasi aljabar yang melibatkan bilangan bentuk akar
3.3 Menganalisis sifat-sifat fungsi kuadrat ditinjau dari koefisien dan determinannya



3.4 Memahami perbandingan bertingkat dan persentase, serta mendeskripsikan permasalahan menggunakan tabel, grafik, dan persamaan



3.5 Menentukan orientasi dan lokasi benda dalam koordinat Cartesius serta menentukan  posisi relatif terhadap acuan tertentu



3.6 Memahami konsep kesebangunan dan kekongruenan geometri melalui pengamatan


3.6.1        Menuliskan sifat-sifat dua bangun datar yang sebangun dan yang kongruen.
3.6.2        Mengidentifikasi dua bangun datar sebangun dan yang kongruen

3.7 Menentukan  luas selimut dan volume tabung, kerucut, dan bola


3.7.1 Siswa dapat menghitung luas selimut dan volume tabung
3.7.2 Siswa dapat menghitung luas selimut dan volume kerucut
3.7.3 Siswa dapat menghitung luas permukaan dan volume bola
3.8 Menaksir dan mengitung luas permukaan bangun datar dan bangun ruang yang tidak beraturan dengan menerapkan kombinasi geometri dasarnya


3.8.1 Siswa dapat menghitung luas permukaan
3.9 Menentukan peluang suatu kejadian sederhana  secara empirik dan teoritik



3.10 Menerapkan pola dan generalisasi untuk membuat prediksi



3.11 Menentukan nilai rata-rata, median, dan modus dari berbagai jenis data


3.11.1 siswa dapat menentukan nilai rata-rata data tunggal dan berkelompok
3.11.2 siswa dapat menentukan nilai median data tunggal dan berkelompok
3.11.3 siswa dapat menentukan nilai modus data tunggal dan berkelompok.
3.12 Memilih  teknik penyajian data dua variabel dan mengevaluasi keefektifannya, serta menentukan hubungan antar variabel berdasarkan data untuk mengambil kesimpulan



3.13 Memahami konsep ruang sampel suatu percobaan



3.14 Memilih strategi dan aturan-aturan yang sesuai untuk memecahkan suatu permasalahan



4. Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
4.1 Menyelesaikan permasalahan nyata yang berkaitan dengan persamaan linear dua variabel, sistem persamaan linear dua variabel, dan atau fungsi kuadrat

4.1.1 Siswa dapat menyelesaikan permasalahan nyata yang berkaitan dengan persamaan linear dua variabel
4.1.2 Siswa dapat menyelesaikan permasalahan nyata yang bekaitan dengan sistem peersamaan linear dua variabel
4.1.3 Siswa dapat menyelesaikan permasalahan nyata yang berkaitatan dengan fungsi kuadrat
4.2 Menggunakan konsep perbandingan untuk menyelesaikan masalah nyata mencakup perbandingan bertingkat dan persentase dengan menggunakan tabel, grafik, dan persamaan


4.2.1 Siswa dapat
4.3 Menyelesaikan permasalahan dengan menaksir besaran yang tidak diketahui menggunakan berbagai teknik manipulasi aljabar dan aritmatika


4.4 Mengenal pola bilangan, barisan, deret, dan semacam, dan memperumumnya; menggunakan untuk menyelesaikan masalah nyata serta menemukan masalah baru


4.5 Menyelesaikan permasalahan nyata hasil pengamatan yang terkait penerapan kesebangunan dan kekongruenan



4.6 Mengumpulkan, mengolah, menginterpretasi, dan menampilkan data hasil pengamatan dalam bentuk tabel dan berbagai grafik serta mengidentifikasi hubungan antar variabel serta mengambil kesimpulan
Permasalahan nyata


4.7 Menerapkan prinsip-prinsip peluang untuk menyelesaikan masalah nyata



4.8 Membuat dan menyelesaikan model matematika dari berbagai permasalahan nyata

4.8.1 Siswa dapat membuat model matematika yang berkaitan dengan permasalahan nyata.
4.8.2 Siswa dapat menyelesaikan  model matematika yang berkaitan dengan permasalahan nyata.

Jumlah
8








Analisis Persentase Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Matematika Kelas IX

Dari kompetensi inti dan kompetensi dasar pada kelas IX diatas, dapat disimpulkan bahwa terdapat tiga aspek yaitu aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik terdapat dalam kompetensi inti dan kompetensi dasar tersebut.
Jumlah Aspek Kognitif =
Jumlah Aspek Afektif =
Jumlah Aspek Psikomotorik =
Jumlah Seluruh Aspek =
Aspek kognitif dari 3 KI dengan 25 KD hanya terdiri dari C1 sampai C4. Persentasenya yaitu C .
 Aspek afektif juga terdiri dari A1 sampai A4, dengan persentase A sebanyak .
Sedangkan untuk aspek psikomotorik hanya terdapat dalam .
Ini menjelaskan bahwa, kelas IX dalam mata pelajaran matematika tidak terlalu luas pembahasannya, hanya sampai menentukan karakteristik, memecahkan masalah, menyelesaikan model matematika, dan menafsirkannya yang termasuk dalam C4.
Pada aspek Afektif yang paling besar terbentuk yaitu pada A2, kemampuan menanggapi, merespon dalam mengerjakan setiap tugas.
Untuk aspek psikomotorik pada Kompetensi Dasar kelas IX yaitu hanya sebatas membuat diagram.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar