MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IX
Standar
Kompetensi Lulusan (SKL) :
1.
Sikap
Kualifikasi
Kemampuan : Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap orang beriman, berakhlak mulia, berilmu,
percaya diri, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
2.
Pengetahuan
Kualifikasi
Kemampuan : Memiliki pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural dalam ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian yang tampak mata.
3.
Keterampilan
Kualifikasi
Kemampuan : Memiliki kemampuan pikir dan tindak yang efektif dan kreatif dalam
ranah abstrak dan konkret sesuai dengan
yang dipelajari disekolah dan sumber
lain sejenis.
Kompetensi
Inti
|
Kompetensi
Dasar
|
Aspek
|
Indikator
|
||
Afektif
|
Kognitif
|
Psikomotorik
|
|||
2.
Menghargai dan menghayati perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
|
2.1
Menunjukkan sikap logis, kritis, analitik dan kreatif, konsisten dan teliti, bertanggung
jawab, responsif, dan tidak mudah menyerah dalam memecahkan masalah
sehari-hari, yang merupakan pencerminan sikap positif dalam bermatematika
|
![]() |
|
|
2.1.1
Siswa dapat menunjukkan
|
2.2
Memiliki rasa ingin tahu, percaya diri dan ketertarikan pada matematika serta
memiliki rasa percaya pada daya dan kegunaan matematika, yang terbentuk melalui
pengalaman belajar
|
![]() |
|
|
|
|
2.3
Memiliki sikap terbuka, santun, objektif, menghargai pendapat dan karya teman
dalam interaksi kelompok maupun aktivitas
sehari-hari.
|
![]() |
|
|
|
|
3.
Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata
|
3.1
Memahami sifat-sifat bilangan berpangkat dan bentuk akar dalam suatu permasalahan
|
|
![]() |
|
3.1.1
Siswa dapat menentukan sifat-sifat bilangan
berpangkat
3.1.2
Siswa dapat menyelesaikan bentuk akar dalam suatu
permasalahan
|
3.2
Memahami operasi aljabar yang melibatkan bilangan berpangkat bulat dan bentuk
akar
|
|
![]() |
|
3.2.1
Siswa dapat menyelesaikan operasi aljabar yang
melibatkan bilangan berpangkat bulat
3.2.2
Siswa dapat menyelesaikan operasi aljabar yang
melibatkan bilangan bentuk akar
|
|
3.3 Menganalisis sifat-sifat fungsi kuadrat ditinjau dari
koefisien dan determinannya
|
|
![]() |
|
|
|
3.4
Memahami perbandingan bertingkat dan persentase, serta mendeskripsikan permasalahan
menggunakan tabel, grafik, dan persamaan
|
|
![]() |
|
|
|
3.5
Menentukan orientasi dan lokasi benda dalam koordinat Cartesius serta menentukan posisi relatif terhadap acuan tertentu
|
|
![]() |
|
|
|
3.6
Memahami konsep kesebangunan dan kekongruenan geometri melalui pengamatan
|
|
![]() |
|
3.6.1
Menuliskan
sifat-sifat dua bangun datar yang sebangun dan yang kongruen.
3.6.2
Mengidentifikasi
dua bangun datar sebangun dan yang kongruen
|
|
3.7 Menentukan luas selimut dan volume tabung, kerucut,
dan bola
|
|
![]() |
|
3.7.1
Siswa dapat menghitung luas selimut dan volume tabung
3.7.2
Siswa dapat menghitung luas selimut dan volume kerucut
3.7.3
Siswa dapat menghitung luas permukaan dan volume bola
|
|
3.8 Menaksir dan mengitung luas
permukaan bangun datar dan bangun ruang yang tidak beraturan dengan
menerapkan kombinasi geometri dasarnya
|
|
![]() |
|
3.8.1
Siswa dapat menghitung luas permukaan
|
|
3.9
Menentukan peluang suatu kejadian sederhana
secara empirik dan teoritik
|
|
![]() |
|
|
|
3.10
Menerapkan pola dan generalisasi untuk membuat prediksi
|
|
![]() |
|
|
|
3.11
Menentukan nilai rata-rata, median, dan modus dari berbagai jenis data
|
|
![]() |
|
3.11.1
siswa dapat menentukan nilai rata-rata data tunggal dan berkelompok
3.11.2
siswa dapat menentukan nilai median data tunggal dan berkelompok
3.11.3
siswa dapat menentukan nilai modus data tunggal dan berkelompok.
|
|
3.12
Memilih teknik penyajian data dua variabel
dan mengevaluasi keefektifannya, serta menentukan hubungan antar variabel
berdasarkan data untuk mengambil kesimpulan
|
|
![]() |
|
|
|
3.13
Memahami konsep ruang sampel suatu percobaan
|
|
![]() |
|
|
|
3.14
Memilih strategi dan aturan-aturan yang sesuai untuk memecahkan suatu permasalahan
|
|
![]() |
|
|
|
4.
Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai,
merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca,
menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di
sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
|
4.1
Menyelesaikan permasalahan nyata yang berkaitan dengan persamaan linear dua variabel,
sistem persamaan linear dua variabel, dan atau fungsi kuadrat
|
![]() |
|
![]() |
4.1.1
Siswa dapat menyelesaikan permasalahan nyata yang berkaitan dengan persamaan
linear dua variabel
4.1.2
Siswa dapat menyelesaikan permasalahan nyata yang bekaitan dengan sistem
peersamaan linear dua variabel
4.1.3
Siswa dapat menyelesaikan permasalahan nyata yang berkaitatan dengan fungsi
kuadrat
|
4.2
Menggunakan konsep perbandingan untuk menyelesaikan masalah nyata mencakup perbandingan
bertingkat dan persentase dengan menggunakan tabel, grafik, dan persamaan
|
|
|
![]() |
4.2.1
Siswa dapat
|
|
4.3
Menyelesaikan permasalahan dengan menaksir besaran yang tidak diketahui menggunakan
berbagai teknik manipulasi aljabar dan aritmatika
|
![]() |
|
![]() |
|
|
4.4
Mengenal pola bilangan, barisan, deret, dan semacam, dan memperumumnya; menggunakan
untuk menyelesaikan masalah nyata serta menemukan masalah baru
|
![]() |
|
![]() |
|
|
4.5
Menyelesaikan permasalahan nyata hasil pengamatan yang terkait penerapan kesebangunan
dan kekongruenan
|
|
|
![]() |
|
|
4.6
Mengumpulkan, mengolah,
menginterpretasi, dan menampilkan data hasil pengamatan dalam bentuk tabel dan berbagai grafik serta mengidentifikasi hubungan antar variabel serta mengambil kesimpulan
Permasalahan
nyata
|
![]() |
|
![]() |
|
|
4.7
Menerapkan prinsip-prinsip peluang untuk menyelesaikan masalah nyata
|
|
|
![]() |
|
|
4.8
Membuat dan menyelesaikan model matematika dari berbagai permasalahan nyata
|
![]() |
|
![]() |
4.8.1
Siswa dapat membuat model matematika yang berkaitan dengan permasalahan
nyata.
4.8.2
Siswa dapat menyelesaikan model
matematika yang berkaitan dengan permasalahan nyata.
|
|
|
Jumlah
|
8
|
|
|
|
Analisis Persentase Kompetensi Inti dan Kompetensi
Dasar Mata Pelajaran Matematika Kelas IX
Dari
kompetensi inti dan kompetensi dasar pada kelas IX diatas, dapat disimpulkan
bahwa terdapat tiga aspek yaitu aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik
terdapat dalam kompetensi inti dan kompetensi dasar tersebut.
Jumlah
Aspek Kognitif =
Jumlah
Aspek Afektif =
Jumlah
Aspek Psikomotorik =
Jumlah
Seluruh Aspek =
Aspek
kognitif dari 3 KI dengan 25 KD hanya terdiri dari C1 sampai C4.
Persentasenya yaitu C .
Aspek afektif juga terdiri dari A1
sampai A4, dengan persentase A sebanyak .
Sedangkan
untuk aspek psikomotorik hanya terdapat dalam .
Ini
menjelaskan bahwa, kelas IX dalam mata pelajaran matematika tidak terlalu luas
pembahasannya, hanya sampai menentukan karakteristik, memecahkan masalah,
menyelesaikan model matematika, dan menafsirkannya yang termasuk dalam C4.
Pada
aspek Afektif yang paling besar terbentuk yaitu pada A2, kemampuan
menanggapi, merespon dalam mengerjakan setiap tugas.
Untuk
aspek psikomotorik pada Kompetensi Dasar kelas IX yaitu hanya sebatas membuat
diagram.

Tidak ada komentar:
Posting Komentar